Minggu, 17 Juni 2012

Ini Medan Bung...!


Sebelumnya saya pernah tulis sedikit tentang arti kata pajak di Medan, kali ini saya mau  sambung dengan beberapa kosakata medan lainnya yang dulu menurut saya lucu dan menggelikan. Kalau kemaren arti pajak di Medan adalah pasar lalu apakah orang Medan tidak mengenal kata pasar...?

"Jangan salah bung..." orang Medan juga mengenal kata pasar tapi kalau pasar di medan artinya jalan raya, saya sendiri tidak tahu kenapa orang medan kalau bilang jalan raya adalah pasar sedangkan pasar sendiri di bilang pajak. Mungkin karena pengaruh keberagaman suku yang ada di Medan mulai dari batak, melayu, jawa, minang, mandailing, karo, India, Tionghoa, aceh dan lain sebagainya. Sepanjang yang saya cermati logat bahasa orang Medan juga tidak sepenuhnya dengan dialek Batak tapi seperti perpaduan antara Batak dan Melayu pesisir maka jadilah bahasa Medan pasaran dengan logat nya khas. Walau pun banyak suku dan agama di medan tapi satu hal yang membuat saya salut adalah toleransi orang medan sehingga belum pernah terdengar bentrok antar suku seperti di daerah indonesia bagian timur, atau ribut soal rumah ibadah seperti di Jawa padahal tidak sedikit rumah ibadah yang letaknya berdekatan.

Jika anda suatu hari pergi ke Medan lalu makan di warung nasi dan ingin memesan segelas air teh jangan heran bila anda hanya di suguhi segelas air putih biasa, saya sendiri tidak tahu kenapa air putih sampai di bilang air teh :D
Ini bukan karena orang Medan tidak bisa membedakan antara air putih dan air teh, jika ingin memesan segelas teh panas cukup bilang manis hangat atau manis dingin jika ingin teh manis dingin, jika ingin mintak air putih tinggal bilang saja "air teh nya mana kak" :D
Untuk urusan harga pun rumah makan di Medan sangat bersahabat karena masih banyak rumah makan yang mematok harga 6000 rupiah per porsinya, cukup murah bukan...?!

"Tapi satu hal yang bikin aku sedikit sedih liat warga kota medan ni adalah pengguna jalan raya nya, banyak yang buta warna tak tau dia warna lampu traficlight, mau hijau mau kuning atau merah jalan terus lae..."

10 komentar:

  1. indonesia memang kaya ya..?
    tapi kadang bikin berantem
    hehe

    BalasHapus
  2. masalah jalan raya hampir semua tempat kurang lebih seperti itu, apalagi kalo nggak ada polisinya ...Itulah Indonesia .... (nyanyi)

    Tentang istilah-s-istilah di medan itu sangat unik dan baru saya dengar Kang.

    BalasHapus
  3. hahahha... mungkin kalo kagak jalan, ntar pade nubruk :p #eh..

    lucu ye, masa aer putih jadi aer teh.. bisa ketuker mulu dah kalo Nay pesen,.. :D

    udeh lama lai tinggal di Medan? horass bah... ^_^

    BalasHapus
  4. horaaaas sob!! hehehe

    hmmm,,, indonesia memang negara yang paling kaya ya sob,, kaya budaya,, kaya bahasa dan kaaayaaaa semuaaanya!! alhamdulillah aku dilahirkan di Indonesia :)

    hmm,, unik juga ya sob,, pajak = pasar , pasar = jalan raya,, klo hasil analisa ku,, hmm,, mungkin jaman dulu kan seluruh transaksi perniagaan berpusat di jalan, secaralah namanya jaman dulu,, ya jalan raya merupakan letak yg paling strategis tuk bertransaksi.

    Nah,, klo pasar disebut pajak,, mungkin dari yg tadi nya bertransaksi/niaga secara bebas di jalan raya,, eeh,, di alokasikan terus di pungut biaya pula,, maka nya di sebut pajak,(untuk membedakan sebutan pasar yang berbiaya), hehehe

    bingung ga sob? aku juga bingung,, tapi tetap suka,,, btw,, aku pesan manis hangat ada?? :D

    BalasHapus
  5. hahaha mantep juga nich jadi tambahan info kalau mau berkunjung ke medan...

    saya punya beberapa temen orang medan.. yang saya tau temen2 saya itu keras bahasanya saja, tapi hatinya tidak sekeras bahasanya hehehe...

    BalasHapus
  6. Gimana kalo mau bilang: "Ntar kalo habis bayar pajak mampir ke pasar yang di seberang jalan raya ya..."

    Mikir.com
    Jawabannya kirim ke blog aku ya.. :-)

    http://rolays.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Boarding room information for backpackers :

    Our boarding room "Fermansio"
    Location: Jl. Seksama Gg. Bersama I No 5 Simp. limun, Medan

    Size: 10 x 14 M / floor
    Number of Room : 22

    Facilities: Balcony, Bathroom (19), Kitchen (5), laundry, water (PDAM), Electrical, Ceramic Floor, railing, fencing, bike parking and car parking + + wifi.

    External Facilities: Campus YIM, LP3I, YPK, STMIK Budi Darma, UISU, ITM, FK UMSU, BANK BRI, Grand Antares Hotel, Yamaha Showroom, Indomaret, K24, Medica Clinic, Kreatif Swimming Pool, Restaurant, Grand Mosque of Medan, Maimoon Palace.

    Price: IDR. 350.000 - 600.000 / month;
    IDR. 100.000 / day

    For description / availability contact us;

    Mother Fermansio
    Jl. Seksama Gg. Bersama I No. 5
    Simpang Limun, Medan
    North Sumatera

    Phone Number : 085261646270 / BB PIN: 21C545A9
    http://www.facebook.com/groups/peluangbisnis.medan/

    BalasHapus
  8. gimana dengan motor dan kereta?
    ayo cari tau

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik