Kamis, 11 November 2010

Manfaat Sholat Subuh Bagi Manusia

************************************************************************
Kenapa Harus Bangun pagi buta untuk Sholat Subuh?? Bagi seorang muslim mungkin pertanyaan ini dengan mudah dijawab ; karena sholat subuh adalah bagian dari ibadah wajib yang harus dikerjakan sebagai bukti ketaatan pada Tuhannya. Tapi kenapa ya harus pagi buta gitu sholatnya?? lagi enak-enak tidur kok disuruh sholat.???

Pertanyaan-pertanyaan ini untuk sebagian orang mungkin dianggap bodoh dan bisa dianggap nyeleneh. Tapi untuk orang-orang yang berfikir ilmiah pertanyaan tersebut adalah stimulasi ide besar untuk pembuktian. Kenapa harus dibuktikan?? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan kepada umatnya tanpa kebermanfaatan.

Jika kita amati, ada satu hal yang berbeda dari ritual sholat subuh dibandingkan sholat lima waktu lainnya. Kalimat yang terdengar dari suara adzan sedikit berbeda dengan adzan pada sholat yang lain. Kalimat “ash shalatu khairun minan naum”, menjadi titik perbedaannya. Arti kalimat itu adalah shalat itu lebih baik dari pada tidur. Kenapa kalimat itu hanya muncul pada adzan subuh dan tidak pada adzan lainnya ?


Memang ada banyak hikmah yang bisa diambil dari ritual di pagi buta ini. Dari peluang rezeki yang besar karena sudah mulai sejak subuh sampai manfaat terhindar dari kemacetan terutama di kota metropolitan seperti Jakarta. Ternyata bukan itu saja arti kebermanfaatan yang Allah berikan. Sholat subuh juga mempunyai manfaat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular.


Di dalam tubuh manusia ada kekuatan yang terus bekerja tanpa kita komando. Apakah kita sedang tersadar atau tidur. Kekuatan yang mengatur gerak usus kita sehingga bisa dikeluarkan menjadi feses setelah menyerap zat-zat bermanfaat untuk tubuh. Kekuatan syaraf otonom mempunyai 2 fungsi yang bekerja secara antagonis, biasa kita sebut sebagai syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis.


Kita mempunyai irama tubuh yang biasa disebut irama sirkadian tubuh dimana mulai jam 3 dini terjadi peningkatan adrenalin. Akibatnya tekanan darah manusia juga meningkat. Padahal kita sedang tidur pulas. Biasanya adrenalin kita bekerja saat kita beraktifitas atau dalam keadaan stress. Selain itu terjadi pula penyempitan pembuluh darah otak yang menyebabkan oksigenasi otak berkurang sehingga kita merasa berat kalo bangun pagi dan cenderung mengantuk. Peningkatan adrenalin juga mengaktivasi sistem pembekuan darah dimana sel-sel trombosit berangkulan membentuk suatu trombus. Trombus inilah yang menyebabkan gangguan kardiovaskuler pada manusia. Semuanya adalah kerjaan saraf simpatis.

Lalu apa hubungannya dengan Sholat???

Hasil penelitian Furchgott dan Ignarro serta Murad tentang suatu zat didalam dinding sel yang dapat melebarkan pembuluh darah menjawab pertanyaan di atas. Zat yang ditemukan itu bernama NO (Nitrit Oksida). Yang luar biasa adalah ternyata Nitrit Oksida ini diproduksi terus menerus selama istirahat termasuk ketika manusia tidur. Zat ini juga mencegah terbentuknya trombus dengan menghambat agregasi/penempelan trombosit. Hasil temuan ini mendapat hadiah NOBEL tahun 1998.


Aktivitas Bangun pagi untuk sholat subuh apa lagi dengan berjalan ke mesjid untuk berjamaah dapat meningkatkan kadar Nitrit oksida dalam pembuluh darah sehingga oksigenasi ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak dan yang pasti trombosit dicegah untuk saling menempel jadinya pembuluh darah tidak bertambah sempit. Aktivitas mengejan yang ditimbulkan pada gerakan rukuk dalam sholat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis seperti yang sudah dijelaskan di atas.Subhanallah bukan?? dengan menjalankan sholat subuh apa lagi dengan berjalan ke mesjid (terutama untuk yang laki-laki ni) kita dapat mencegah proses gangguan pada sistem kardiovaskular kita.


Untuk orang-orang yang berfikir, demikian hikmah dari ajakan-Nya “ash shalatu khairun minan naum”.

13 komentar:

  1. benar-benar banyak manfaat sholat bagi mereka yang mau melakukannya, lebih-lebih dengan khusyuk dan ikhlas ^^

    BalasHapus
  2. klo itu aku gak ragu sob... kebetulan klo buat aku pribadi itu sedikit ngasih semangat dan ngrefresh otak hhe... soalnya setelah Sholat biasanya langsung keluar nyari udara seger sekalian olah raga bentar hhe...

    berarti bisa dibilang orang yg ninggalin sholat subuh buat tidur malah mengabaikan kesehatan ya brow hhe....

    untuk urusan kerja mah ya jangan dipaksa sob.. orang ane juga sekarang jarang blogging hhe..paling cuma update post doank hhe.... Met aktivitas ya Sob... Semangat :P

    Btw, sobat sekarang dikota mana toh?

    BalasHapus
  3. hehe...iya khusus shubuh ada tambahan kalimat itu ya sob, karena memang waktunya tidur terlelap. Kalo siang mah waktunya kerja hhh..*kidding*

    Memang banyak sekali manfaat bangun pagi, itulah cara Allah menggerakkan jiwa dan raga manusia untuk kebaikannya juga dengan cara menetapkan watu sholat subuh. Diharapkan dengan adanya "kewajiban" tersebut manusia akhirnya terbiasa tanpa dipaksa apalagi dah ditambahi sobat manfaatnya....hehe

    Tengkyu n salam ukhuwah

    BalasHapus
  4. tidak hanya itu, aktifitas yang di muLai sejak pagi hari juga memberikan kebugaran dan semangat yang berbeda, maLahan pikiran pun juga menjadi Lebih segar.
    daLam suasana pagi seteLah subuh biasanya saya gunakan untuk menuLis dan stok postingan sebanyak2nya, karena di saat itu seoLah mudah untuk menuangkan setiap inspirasi.

    sip deh, trims untuk semua tuLisannya bermanfaat bagi kita semua sebagai renungan betapa Allah memberikan yang terbaik bagi kita, namun hanya individunya saja yang kadang mengabaikan haL2 tersebut. juga agar Lebih termotivasi daLam membangun suasana di pagi hari daLam menciptakan kesehatan jasmani maupun rohani.

    BalasHapus
  5. Siank Sob...Mumung masih Break aku datang menyapa nie hhe... Met aktivitas N Sukses slalu ya Sob... :P

    BalasHapus
  6. Orang Israel yang Yahudi pun tahu dan sangat mewasdai kalau kebangkitan Islam dimulai dari sholat shubuh berjama'ah bukan dari jamaah sholat jum'at..
    Sholat Shubuh banyak rahasianya, tks

    BalasHapus
  7. memang Allah sudah memberikan kita petunjuk untuk hidup lebih baik lagi,,
    nice share,,

    BalasHapus
  8. info yang menarik mngenai manfaat sholat shubuh, dan yang pasti masih banyak manfaat2 lain serta hikmah di balik setiap perintah dan larangan Allah.

    BalasHapus
  9. saya sependapat dengan Bu Ella: Sholat bukan saja shlat subuh memang ssenantiasa menyimpan manfaat yang sangat dhsyat...

    BalasHapus
  10. Malem Sob...... waduh maaf nie gara2 sakit baru bisa sampe sini hhe...

    ap kabar Sob?? hem sukses slalu ya Bozz... happy blogging :P

    BalasHapus
  11. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., IA berkata bahwa Rasulullah saw. Bersabda: " Sesungguhnya salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya' Dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

    Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  12. Subhanalloh, manfaatnya sangat besar sobat.
    terkadang paling berat untuk melaksanakan sholat shubuh.
    karena banyaknya alasan, ngantuk, dingin dsb.
    terimakasih udh share.
    Salam.. :)

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik