Selasa, 29 Juni 2010

Tanaman "HERBAL" dalam keseharian kita


Dear sobat blogger...jumpa lagi  ^__^
Maaf ya kalau belakangan in ane jarang blogwalking ketempat Sobat semua,maklum inet ane dah melebihi kuota dan Lolita minta ampun ditambah waktu ane tidak bisa untuk berlama - lama di depan monitor sambil ngantuk - ngantuk nungguin loading yang berjalan kayak siput.Tapi Insha Allah ane sempetin juga untuk mengunjungi sobat semua entah itu siang,sore atau malam untuk sekedar bersilaturahmi membaca post terbaru + uptrafic ^__^
Kali ini ane mau posting yang ringan - ringan aja deh (walau pun kopas he3...),tentang tanaman herbal yang sering kita jumpai mungkin sering juga sobat konsumsi setiap harinya entah itu dari jajan di pinggir jalan atau dalam masakan yang kita makan setiap harinya,oke...selamat membaca semoga bermanfaat ^__^



1. Tebu
Kandungan : vitamin B2, Sacharum officinarum
Khasiat : daunnya digunakan untuk menyembuhkan demam, sedangkan sari tetes tebunya digunakan sebagai terapi anti diabetes, meredakan batuk, meredakan panas tinggi, menyembuhkan pegal linu dan mengatasi kerusakan gigi.
Sari tebu mengandung serat tak larut (insoluble fibre). Nah serat ini yang bikin air madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sistem kerjanya adalah sebagai SEES (Side Effecet Eliminating Substances) atau senyawa yang menghilangkan efek samping, dalam hal ini peningkatan kadar gula dalam darah adalah efek samping dari air gula, namun di tiadakan efek sampingnya oleh adanya serat tak larut tersebut
2. Singkong
Kandungan : bagian umbi mengandung vitamin (A, B1, C), kalsium, fosfor, protein, lemak, amilum, sedangkan bagian daunnya mengandung Vitamin (A, B17, dan C), Kalsium, Fosfor, Protein, Lemak, Hidrat arang dan Zat besi.Khasiat : dapat mencegah kanker dan tumor.
3. Nangka
Kandungan : bagian buah mengandung albuminoid dan karbohidrat, sedangkan bagian batang banyak mengandung morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, tanin.
Khasiat : daunnya digunakan sebagai terapi antidiabetes, sedangkan bijinya sebagai obat batuk.
4. Sawo
Kandungan : bagian kulit banyak terkandung zat tannin, pada bijinya terkandung saponin (senyawa beracun), serta bagian buahnya banyak mengandung kalium, energi, karbohidrat, vitamin (A, C, B6), magnesium serta fosfor.
Khasiat : bagian daun digunakan untuk mengobati demam, serta obat luka dan borok. Bagian bunga mengandung ramuan rempah untuk wanita yang melahirkan, sedangkan bagian kulitnya dapat digunakan sebagai obat diare dan demam.
5. Anggur
Kandungan : Karotenoid dan likopen, mangan, vitamin C, B6, K dan B1, Resveratrol (kemungkinan dapat mencegah kanker).
Khasiat : Menjaga kestabilan gula darah, mengatasi kelelahan, mengatasi influenza, membantu mengatasi polio dan herpes.
6. Air Kelapa
Kandungan : nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium dan besi.
Khasiat : sebagai oralit alami, penawar racun, memperlancar saluran pencernaan, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan menggantikan cairan tubuh alami.
7. Labu Siam
Kandungan : protein, lemak, kalsium, fosfor dan besi
Khasiat : menurunkan kadar kolesterol serta mencegah hipertensi.
8. Pandan
Kandungan : alkoida, flavonoida, tanin, plifenol serta saponin.
Khasiat : daun pandan wangi dapat membunuh larva nyamuk aedes aegypti.
9. Sambiloto
Kandungan : daun dan cabangnya banyak mengandung zat deoksiandrogarafolid, andrografolid, homoandrofilid, flavonoid, alkane, keton dan damar.
Khasiat : sebagai pengontrol darah tinggi, kanker paru, diare, thypus dan kencing nanah.
10. Jeruk Nipis
Kandungan : vitamin c, fosfor, zat besi, hidrat arang, lemak, kalori dan protein.
Khasiat : batuk, kelelahan, batu ginjal, bau badan serta diare.
11. Jarak
bagian buah banyak mengandung glikosida, tanin, pitosterol, flavonoid serta steroid sapogenin. Sedangkan pada bagian daunnya terkandung apigenin, vitexin, isovitexin.
Khasiat : obat sakit gigi, obat malaria, rematik, dan nyeri otot. Selain itu akar jarak dapat digunakan sebagai penawar racun ular.
12. Arbei
Kandungan : Saponin, Favonoida, Polifenol (berfungsi sebagai antioksidan), serta Vitamin C
Khasiat : obat sariawan, mengobati maag ( buah dibuat jus lalu diminum), membantu melawan tifus, meringankan gejala diare.
13. Rumput Mutiara
Kandungan : entriacontane, sitisterol-D-glucoside, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, p-coumaric acid, baihuasheshecaosu serta flavonoid glycosides.
Khasiat : radang usus buntu, bisul, sumbatan saluran sperma, pereda demam, tonsilis, gondongan, pneumonia serta infeksi saluran kemih.
14. Serai
Kandungan : mintak atsiri, citronnelal, geraniol, sitral, eugenol, kadine serta kadinol
Khasiat : meringkankan nyeri, batuk dan kelelahan.
15. Kemangi
Kandungan : sitral (penghasil aroma khas pada kemangi).
Khasiat : antiperadangan, mencegah diabetes serta dapat mengurangi bau keringat.

Selain kelima belas herbal tersebut, tentunya masih banyak lagi herbal lain yang Allah berikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia, baik yang sudah diteliti manusia, sedang dalam proses penelitian, maupun yang masih belum terkuak rahasia manfaat dari berbagai tumbuhan maupun buah-buahan herbal yang Allah ciptakan.
Penelitian didunia kesehatan (alternatif) pun terus berlanjut sampai sekarang, untuk mengimbangi perkembangan dunia medis modern yang umumnya sangat tergantung kepada obat-obatan berbahan kimiawi. Dalam beberapa kasus, terbukti obat-obatan kimiawi ini dalam kadar tertentu belum tentu 100% aman untuk tubuh manusia.
Maka sungguh sangat "kebangeten" manusia-manusia yang melalaikan Penciptanya. Allah menegaskan firmanNya sampai 31 kali pada surat Arrahman:

فَبِأَيِ ءَالَآءِ رَبِكُمَا تُكَذِبَانِ 
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

27 komentar:

  1. no 9 maksudnya mungkin sambiloto kan? :)
    Kalo singkong paling enak panas-panas ditemenin teh hangat sambil liat piala dunia...he he he...

    BalasHapus
  2. ::Salaman Dulu::

    Eh herbal nih, kadang kita yang hidup di tropis ( gudangnya herbal ) malah belum mengetahui khasiat dari herbal di sekeliling kita, siiip bro jadi tambah ilmu saya.

    ::Salam Hangat::

    BalasHapus
  3. @numberone :Terimakasih untuk koreksinya ^__^

    BalasHapus
  4. ada beberapa yg sudah pernah ku coba...
    thanks infonya sng bermanfaat...

    BalasHapus
  5. Wah aku paling suka Singkong Sob hhaa........

    BalasHapus
  6. air kelapa maksudnya kelapa muda ato semua kelapa bos???

    BalasHapus
  7. konsumsi sayuran dan buah memang menyehatkan, apalagi negara kita banyak terdapat jenisnya, jadi salam sehat sobat ^_^

    BalasHapus
  8. Ternyata begitu banyak tanaman berkhasiat di sekitar kita hanya saja kurang di eksploitasi. :)

    BalasHapus
  9. wah.. postingan menarik gan.. terkadang tidak sedikit tanaman herbal yg dianggap sepele padahal berkhasiat

    BalasHapus
  10. wah, bisa nambah2 ilmu buat KKN nih :)

    BalasHapus
  11. wah ternyata banyak manfaatnya ya.....

    BalasHapus
  12. ternyata tebuh yang banyak tumbuh liar dibelakang rumah memiliki banyak sekali vitamin dan khasiat

    BalasHapus
  13. wah.. aku baru kenal dengan tanaman sambiloto.. dasar arfi aja sih yang gak tahu.. hehe

    BalasHapus
  14. Wah keren sob, makasih ya atas infonya. Ane emank lebih suka tanaman herbal euy

    BalasHapus
  15. jangan bosen dengan kunjunganku ya..:)

    BalasHapus
  16. banyak yang ginian ni di rumah cuman gak tau manfaatnya

    BalasHapus
  17. Musti serim minum es tebu nih, ternyata banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  18. ternyata Arbei mempunyai bnyak manfaat,baru tahu,makasih infonya sob

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik