Jumat, 23 Juli 2010

"6 Hal yang paling..." Menurut Imam Al Ghazali

***********************************************************************

   Apa kabar Sobat2 ane semuanya...lama sudah ane ga OL dikarenakan beberapa hal yang membuat ane nggak bisa untuk berinteraksi dengan dunia maya,setelah hampir satu bulan lamanya sekarang ane dapat mengobati rasa rindu ini.
Sebenarnya banyak yang ingin ane post disini...tapi entah kenapa konsentrasi ini tiba2 buyar begitu saja oleh rasa gembira yang belum hilang karena bisa online lagi ^__^
Baiklah sobat,sekedar pengingat dan sedikit renungan untuk kita di hari Jumaat ini ane akan posting tentang beberapa hal yang pernah ditanyakan oleh salah satu tokoh idola ane kepada murid - muridnya yaitu Imam Al-Ghazali berikut rangkuman nya :

1. “Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”
Murid 1 : Orang tua
Murid 2 : Guru
Murid 3 : Teman

Imam Ghazali : Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu adalah janji Allah SWT bahwa setiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati (Surah Ali-Imran : 185).

2. “Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini?”
Murid 1 : Negeri Cina
Murid 2 : Bulan
Murid 3 : Matahari
Iman Ghazali : Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

3. “Apa yang paling besar di dunia ini?”
Murid 1 : Gunung
Murid 2 : Matahari
Murid 3 : Bumi
Imam Ghazali : Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah SWT) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah SWT), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah SWT). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai”.
(Surah Al A’raf : 179).

4. “Apa yang paling berat di dunia?”
Murid 1 : Baja
Murid 2 : Besi
Murid 3 : Gajah
Imam Ghazali : Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72).

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat[*] kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh”.

[*]: Yang dimaksud dengan amanat di sini ialah tugas-tugas keagamaan.
Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allad SWT meminta mereka menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah.

5. “Apa yang paling ringan di dunia ini?”
Murid 1 : Kapas
Murid 2 : Angin
Murid 3 : Debu
Imam Ghazali : Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan sholat.

6. “Apa yang paling tajam sekali di dunia ini?”
Murid-murid dengan serentak menjawab : Pedang
Imam Ghazali : Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

10 komentar:

  1. pantes lama ga kliatan nih sob,
    bener sekali ya, apalagi yang masalah paling ringan itu,
    jawaban2 yang bijaksana

    BalasHapus
  2. Kunjungan perdana dan salam kenal

    Wah wah...postingnya ringan tapi jelas dan langsung ke hati, terima kasih ya........... ^_^

    BalasHapus
  3. seharusnya ini jadi cambuk buat aku khususnya agar lebih baik.
    mkasih sobat udah "mengingatkan".. :-)

    BalasHapus
  4. slamat datang lagi kang,,iya nh lama bnget tak jumpa....
    terimakasih atas masikannya kang....

    BalasHapus
  5. terima kasih atas pencerahannya, berarti seLama ini persepsi saya menyangkut haL di atas kurang tepat. bermanfaat sob tuLisannya, mantab (pake B).

    menjawab pertanyaan:
    aLhamduLiLah kondisi saya dan keLuarga baik-baik saja dan sehat. semoga sobat sekeLuarga pun demikian adanya, saLam sehat seLaLu dan sukses dengan aktifitasnya.

    BalasHapus
  6. pencerahan yang sangat dahsyat mas bagi saya, jadi mengeti deh...selama ini cuek2 aja, hi hi, met malem yah mas, happy blogging and wassalamualaikum

    BalasHapus
  7. wah,,makasih pencerahannya sobat..sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  8. Aloh Sobat..... wah paa kabar nie Sob...????? udah lama bgt aku ga baca postingan disini hhe... kmn aja toh Sob???

    Klo dipikir2 iya juga ya Sob... paling... semua haha aku juga Ng'fans tuh sama beliau hhe....kata2nya santai tapi berisi dan bener2 ngasih ilmu........

    Met akhir pekan Sob....

    BalasHapus
  9. Memang yang paling sulit adalah mengalahkan hawa nafsu..

    BalasHapus
  10. menyentuh sob......... jadi pengen tobat

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik