Kamis, 21 April 2011

Mengatasi Bau Badan Dengan Tanaman Herbal

Pernahkah Sobat blogger mengalami masalah dengan bau badan yang sangat mengganggu... mungkin banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan BB tersebut diantaranya dengan memakai produk2 penghilang Bau badan yang mudah di temukan di warung, apotik dan tempat - tempat lainnya asal jangan nyari di pasar ikan... (-_-')

Okelah dari pada saya semakin lebay lebih baik kita terlebih dulu mengenal penyebab bau badan tersebut...

1. Ketidakseimbangan diet. Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.

2. Stres emosional. Kelenjar keringat di ketiak dan selangkangan mengeluarkan zat kental yang menjadi penyebab bau badan. Zat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lipid ini biasanya keluar lebih banyak saat sedang mengalami stres emosional (marah, takut, kegembiraan). Bila tidak segera mandi, bakteri akan mengurai zat tersebut sehingga menyebabkan bau badan.

3. Gejolak hormon. Bau badan yang buruk juga bisa dipicu oleh fluktuasi hormon seperti pada anak-anak yang sedang menjalani masa puber dan perempuan yang mengalami menopause.

4. Kelainan genetik. Orang-orang tertentu secara genetik cenderung memiliki bau tubuh yang kuat. Sebuah kelainan genetik langka yang disebut trimetilaminuria (atau “sindrom bau amis”), menyebabkan seseorang memiliki bau amis di napas, keringat dan urinnya. Sindrom ini disebabkan oleh cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.

5. Penyakit. Beberapa penyakit dapat menyebabkan bau badan yang buruk. Salah satu penyakit paling umum yang dapat menyebabkan bau badan adalah diabetes. Hal ini terutama terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau badan tetapi juga bau nafas yang khas. Bau badan yang buruk juga bisa menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Kadang-kadang, tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan.

Seperti judul postingan kali ini berikut beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengurangi Bau Badan :

Daun Sirih (Piper Betle)

Daun sirih yang telah lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptik juga diketahui mengandung zat-zat aktif yang mampu menghilangkan bau badan. Sirih dikenal ampuh menghilangkan bau badan terutama yang ditimbulkan bakteri atau jamur. Kandungan kimia minyak asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.

Untuk menghilangkan bau badan, salah satu cara adalah dengan merendam beberapa helai daun sirih dalam air panas. Setelah dingin, airnya diminum. Dapat pula ditambahkan gula putih secukupnya untuk menambah rasa. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur lalu dioleskan ke ketiak.

Daun Beluntas (Pluchea Indica)

Tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup ini mempunyai sifat khas berbau langu dan berasa getir. Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan C.

Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui).

Jika dibiasakan menyantap daun beluntas, bau badan akan hilang. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap pun akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore. Beluntas juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh untuk mendinginkan tubuh sehingga banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

Daun Kemangi (Ocimun Balisicum)

Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan manfaatkan daun ini juga digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap yang juga mentah. Daun kemangi juga mengandung zat yang dapat meningkatkan selera makan. Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, jika mengonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid akan terhindar dari bau yang tidak sedap yang sering menimpa perempuan haid.

Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Zat-zat yang terkandung di dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri untuk menghilangkan bau badan. Caranya ialah minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

Air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu juga dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari tubuh. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa)

Zat aktif yang terkandung di dalamnya yang dapat menghilangkan bau badan adalah sapomin, flavoinoida dan polifenol. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya dimakan sebagai teman makan nasi. Di daerah tertentu kecombrang biasa dimasak sebagai sayur lodeh.

Jeruk Purut (Citrus bystrix)

Kulitnya mengandung minyak asiri yang berbau harum. Jeruk purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama-sama dengan air secukupnya.

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)

Air jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan ke bagian tertentu seperti ketiak dipercaya mampu mengusir bau badan yang tidak sedap.

Jahe (Zingiber officinale)

Banyak orang India percaya bahwa jika mengonsumsi jahe bisa membuat mereka tercium manis.

Menurut Pen Chao Cing dari Kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkannya kepada aura spiritual. Wedang jahe jika dikonsumsi secara teratur bisa jadi sangat membantu mengatasi masalah bau badan.

Ketimun/Mentimun (Cucumis sativus)

Satu buah ketimun muda dikupas kulitnya lalu digosokkan ke bagian badan dan berbau hingga berulang sehabis mandi.

Cengkih/Cengkeh (Eugenia aromatica)

Beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dengan gula merah, dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan di kala hujan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi sobat semua...

11 komentar:

  1. setuju... asal rajin-rajin berurusan dengan herbal

    BalasHapus
  2. wah u tahu aza kalau badan blue sedikit bau....heheh
    menarik
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum Kang,
    kalo saya lebih seneng dengan daun beluntas yang dibuat "krawu" dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu

    BalasHapus
  4. Aku datang....

    Assalamualaikum sb Zan... pa kbr?? trims tuk linknya ya... :)

    hmmm.. back to nature... herbal is the best.. karena tanpa menyebabkan efek samping... Ibnu Sina juga dulu banyak mengajari menggunakan herbal untuk obat2an :)

    BalasHapus
  5. Met Sore Brother... :D

    Wah maaf nie ane telat lagi hhi... Hem... klo bau badan sebenernya sih ane gak terlalu Sob * ada sih bau2 dikit mah hhe, cuma keringetannya itu yg parah klo cuaca udah panas kaya beberapa bulan terakhir ini....

    tapi jujur aja aku malah baru tau klo Ketimun juga bisa ngilangin BB haha...

    Oiya aku udah Download tuh 3 Idiotsnya Sob.. tapi blum sempet ditonton... klo udah nonton aku cocokin deh sama Review yg waktu itu aku baca disini hhe...

    Semangat n Sukses Brad... :D

    BalasHapus
  6. nice info.Seringnya make daun sirih,katanya bagus:D

    BalasHapus
  7. duduk manis di pondok dengan semilir angin terbawa menggoyangkan rerumputan...hmmm.. sibuk sekali nih sob?? tetap semangat!! :)

    BalasHapus
  8. Met Malem Brother,

    Wah setelah aku libur Blogging 2 mingguan dan balik lagi ternyata si Brader malah masih Libur posting hhe... :D lagi sibuk nie pasti... Sukses slalu aja ya Sob....

    BalasHapus
  9. huehehe.. kecium ga aroma ketek ku mas?
    euh.. byuh byuh.. emang susah ya ngilangin bau badan.. (aku yang bau)

    kerjaanku dilapangan bergerak sana sini jadi gampang keringetan.
    pulang kerja langsung tidur. ga sempat ngurus bau badan :D

    BalasHapus
  10. rindu memandang hamparan rumput hijau.... pa kbr sob. walah.. aku dah libur 1 bln ngeblog, eh blm jg kelihatan sob Zan, sibuk sekali ya?? hmm.. Tetap semangat!!! :)

    BalasHapus
  11. New Diet Taps into Pioneering Plan to Help Dieters Get Rid Of 12-23 Pounds within Only 21 Days!

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik