Kamis, 20 Oktober 2011

Alasan Tidur 7 - 8 Jam Sehari


  Sebagian orang sering mengabaikan waktu tidur yang di anjurkan yaitu 7 - 8 jam sehari, yang pada akhirnya tidak jarang menjadi masalah seperti penyakit yang sering menggerogoti kesehatan juga berkurangnya konsentrasi akibat mengantuk.

Berikut adalah alasan mengapa kita butuh tidur 7 - 8 jam sehari secara teratur :

* Malam hari pk 21.00 – 23.00 : Adalah pembuangan zat-zat / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

* Malam hari pk 23.00 – dini hari pk 01.00 : Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

* Dini hari pk 01.00 – 03.00 : Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

* Dini hari pk 03.00 – 05.00 : De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi
penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

* Pagi pk 05.00 – 07.00 : De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

* Pagi pk 07.00 – 09.00 : Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

11 komentar:

  1. wah, aku malah sering baca blogger banyak yang insomnia. kalo menurutku sih, dengan banyak olahraga kita gampang ngantuk, dan sekali-sekali pijat refleksi seluruh tubuh. soal kebutuhan tidur orang bisa lain-lain, konon kalo boboknya nyenyak, sedikit tidur sudah cukup. apalagi yang rajin shalat tahajud, tidak ada istilah kurang tidur buat mereka #masihmelatihdiri

    BalasHapus
  2. wah, kalau jam tidur malam tidak memenuhi syarat di atas...karena memang ada kuliah malam >.<

    BalasHapus
  3. assalamualaikum sahabat ku,,,, aku datang,,, wuaah,, sudah lama ga ke pondok mu,, asli kangeen kemana aja kok hilang tanpa pesan???wkwkwk

    klo soal tidur,, kayaknya aku pengakuan dosa aja deh,, abis asli ga teratur,, kadang klo lagi cape2 nya balik keliling2 desa, abis sholat isya langsung tepar,, eh terjaga di ujung pagi,, nah,, klo lagi ga cape paling cepat ya jam 00 lah tidurnya,, atau kadang menjelang shubuh,, karena itu kawan2 fb pada bilang aku kalong dan mereka anggota genk klong ku,,wkwk,, kayaknya mereka pada ribet, liat aku yg komen ke statusnya malam2 tanpa di undang,,wkwkwk... Tetap semangat!! sibuk boleh tapi tetap jaga kesehatan, karena sekarang musim hujan,,:D

    BalasHapus
  4. wahh kayaknya berbanding terbalik bener dengan kebiasaan tidurku... hehe... kebiasaan lembur terus..hmm...

    nice info bang..
    salam silaturrahmi ya...

    BalasHapus
  5. udah begadang, malah ngopi plus ngerokok lagi
    racunnya numpuk dong...

    BalasHapus
  6. kalo masa muda dan jahiliyah, tidur ndak pernah teratur siang dibuat malam dan malam dibuat siang.
    Alhamdulillah semakin bertambah usia, sekarang diberikan kenikmatan apa itu siang dan malam apalagi tidur ternyata memberikan kenikmatan yang luar biasa

    BalasHapus
  7. Met Sore Braderrrr.... :)

    Aduh lama aku gak kesini gara2 kelamaan hiatus, gimana kabar sob? moga sehat-sehat dan tambah sukses ya disana hhe....

    ngomongin tentanbg tidur, berarti bagusnya tuh jam 11 malem udah harus tidur toh? aduh kayanya aku mesti sedikit2 ngilangin kebiasaan tidur tengah malem nih haha.... :) makasih informasinya sob, pinter amat sampean iki sampe yg biologis gini ngerti, aku mah boro2 mikir sampe disana, pokok'e asal pules selese hha... :) aku pamit dulu ya....

    Happy Blogging Sob.. :)

    BalasHapus
  8. belakangan ini aku sering melek malam dan tidur klo sudah shalat subuh. Waktu itu aku batuk dan aku benar2 merasakan pada jam2 sepertiga malam batukku menjadi2.

    BalasHapus
  9. banyak ilmu dan wawasan yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

    BalasHapus
  10. it was really really nice post!
    aku masih suka bangun siang. :'(

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah mendapatkan ilmu dan wawasan tentang manfaat tidur 7 sanpai jam, terimakasih sahabat sudah berbagi ilmunya.

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik