Senin, 17 Mei 2010

3 Kesalahan yang selalu berulang

Dalam hidup kita paling tidak ada 3 kesalahan yang selalu berulang tanpa kita sadari atau disadari,benarkah demikian mari kita cek dan instrospeksi kesalahan tersebut :

1.Menyia - nyiakan waktu
Berapa umur yang telah kita pakai selama ini,apakah kita berpikir umur akan terus bertambah ? tidak,tidak...umur tidak bertambah tetapi akan semakin berkurang.Dan apakah kita juga berpikir bahwa kita akan hidup sampai tua atau sampai umur 60 thn atau 70 thn,siapa yang tahu tidak seorang pun yang tahu.
Ada orang yang berkata waktu adalah uang...
ironis sekali bila kita berpikir waktu adalah uang,jika kita berpikir seperti itu bagaimana dengan waktu untuk kehidupan yang lebih abadi nanti.
Saya sendiri juga belum bisa untuk memanajemen waktu agar tidak terbuang sia - sia,mungkin sobat -sobat ku sekalian punya trik tersendiri untuk itu.Jika hanya teori banyak orang yang bisa menuliskannya tapi dalam penerapannya sudahkah kita melakukannya.
Pada Akhirnya saya hanya bisa bertanya dan instrospeksi diri "apa yang telah kita lakukan dengan waktu kita yang terbatas ini untuk kehidupan Dunia dan kehidupan Akhirat nanti ?"

2.Membicarakan hal yang tidak berguna

Seperti halnya berdebat untuk masalah yang kita sendiri tidak tahu persoalan yang sebenarnya,hanya mengikuti suara orang banyak atau latah dan ikut-ikutan saja.Menceritakan tentang keburukan orang lain tanpa kita instrospeksi diri dengan keburukan kita sendiri,bergunjing yang akhirnya mendatangkan fitnah hanya merugikan kedua belah pihak.

3.Memberikan porsi yang lebih besar untuk hal-hal kecil

Seperti halnya suka mendengar kabar burung atau gosip,membaca ramalan -ramalan dan meyakini ramalan tersebut,terlalu larut dalam kesedihan karena telah kehilangan sesuatu meskipun kita tahu tak akan pernah bisa untuk menemukannya kembali sehingga mengundang setan untuk membisikkan syair -syair kesedihan yang hanya membawa kita jauh dari Allah."{Dan,janganlah kamu bersikap lemah dan jangan (pula) bersedih hati}" (QS.Ali Imran :139)

Itulah tiga kesalahan yang sering kita lakukan disadari atau tanpa disadari,saya hanya bisa mengingatkan dan mengajak untuk instropeksi diri berapa kali kah kita melakukan kesalahan tersebut ?

5 komentar:

  1. nice post, terima kasih sudah mengingatkan. hidup harus selalu menasehati

    BalasHapus
  2. wah bner bgt tuh brad...
    bner lah kata brad atok hidup harus selalu menasehati dan berbagi...
    thanks brader...

    BalasHapus
  3. Setuju...!! Tiga hal tersebut hanya akan mengecilkan potensi diri kita kan... so be positive !
    http://rolays.blogspot.com/2010/01/9-cara-efektif-mengusir-pikiran-negatif.html

    BalasHapus
  4. KAlo berkunjung ke blog sahabaty gimana bro???
    hehehe
    semangat ya buat bloggingnya

    BalasHapus
  5. Mari kita saling nasihat menasihati selagi sempat dan mumpung masih ada waktu seperti di nukil dalam banyak ayat2 Al- Qur'an salah satunya pada surah Al-Ashr ayat 3....mampir juga di pondok saya yang masih sederhana http://deepyudha.blogspot.com/.Syukron...

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik