Selasa, 01 Maret 2011

Antara Ibuku Aku Dan Mbak Ami

Ibu adalah orang yang berjasa besar dalam sejarah hidup saya...ibu orang yang merawat saya dari kecil,mendidik saya tentang agama dari usia dini sehingga tidak heran masuk Sekolah Dasar kelas satu saya adalah satu - satunya murid yang lancar membaca Al Quran dan hapal bacaan Sholat di kelas saya (bukan mau sombong,karena masih banyak yg lebih hebat dari saya) sehingga tidak jarang bu guru pun meminta saya membantu mengajarkan teman sekelas yang lain belajar membaca Juz Amma, jaman saya waktu itu belum ada metode IQRA, saat praktek pelajaran Agama tentang Sholat tidak jarang sayalah orang pertama yang di suruh maju untuk pertama kali untuk memberi contoh...mungkin karena nama saya di awali huruf A dan di Absen kelas nama saya memang paling atas...  #aduh malunya saya sok narsis sendiri ( -_-'!)
Ibu saya memang seorang Ibu yang luar biasa, menanamkan akhlak yang baik kepada anak - anaknya dari mereka masih kecil...kalaupun ada yg bengal seperti saya, itu bukan karena orang tua yang salah mendidik saya ... selain itu masakannya Ibu juga tiada duanya menurut saya, yah walaupun dulu Ibu sering cerewet kalau udah marah ke saya dan saya juga suka ngambek ga makan kalau udah di omeli tapi sebenarnya tidak mengurangi rasa masakan Ibu yang  tetap enak di lidah saya.

Tanpa mengecilkan peran seorang Ayah tapi memang ibulah orang terdekat dalam hidup saya di waktu kecil sedangkan ayah sibuk dengan perannya sebagai tulang punggung keluarga, bayangin aja 9 bulan Ibu membawa kita kemana saja dan berjuang antara hidup dan mati agar kita bisa hadir dengan selamat di atas dunia ini bahkan Bapak saya saja sampai gelisah waktu menuggu Ibu melahirkan saya ( mungkin juga karena saya anak pertama kali ya...) .Saya juga bangga dengan Bapak saya walaupun orangnya keras tapi tidak pernah beliau berkata kasar kepada Ibu saya apalagi main tangan ke Ibu saya... "kalau ke saya jangan tanya mulai dari ikat pinggang sampai sapu terbang pernah jadi cendramata dari Bapak untuk saya ha3", Pokoknya Bapak saya juga hebat dan ga banyak cerita orangnya...banyak juga yang saya pelajari dari beliau tentang kesederhanaan dan kedisiplinan serta mencontohkan untuk tidak  berlaku kasar kepada kaum Hawa.

Sedih rasanya mengetahui salah seorang sobat blogger yang dipisahkan dari anaknya dan disuruh untuk melupakan sang anak,saya memang baru beberapa kali berkunjung di Blognya Mbak Ami tapi waktu saya membaca tulisan tentang Safira & Safitri saya sempat emosional membacanya bahkan saya sempat berpikir mereka kan kembar alangkah adilnya bila salah satu dari mereka di asuh Sang Ibu.
Ah...sudahlah saya juga bukan bermaksud mau mencampuri urusan orang lain,walaupun saya hanya mengenal mbak Ami dari blognya tapi membaca tulisan tentang Safira & Safitri saya merasa punya ikatan emosional yang sama dengan beliau, mungkin sudah menjadi sifat saya untuk tidak hanya diam melihat ketidak adilan bukan karena saya ingin menjadi "Pahlawan" tapi saya tidak akan membutakan nurani saya sendiri melihat ke tidak adilan.

Mbak Ami...saya hanya bisa mendoakan dan berharap semoga Mbak Ami tetap sabar dan jangan sampai di butakan emosi sesaat...semoga saja keluarga yang memisahkan Mbak Ami segera menyadari kekeliruan mereka memisahkan Ibu dan anaknya, semoga Safira & Safitri tahu istilah Surga Itu Di Telapak Kaki Ibu... Saya juga berharap Si Kembar tidak terpengaruh perkataan jelek keluarga yang membesarkan mereka agar melupakan Ibu Kandung mereka sendiri.

Tetap semangat dan jangan menyerah Mbak Ami...karena semakin kuat iman seseorang maka Allah akan menguji iman orang tersebut untuk mengetahui seberapa kuat Iman seorang Hamba Nya, bukankah Baginda Rasulullah dan Para Rasul sebelum Beliau hidupnya selalu penuh dengan cobaan tapi beliau mampu melewatinya dan memberikan teladan kepada umatnya.

14 komentar:

  1. Hmmm, aku juga ikut sedih baca cerita mbak Ami tentang si kembar. Tapi ya mau apalagi, aku nggak bisa bantu dan cuma bisa do'akan yang terbaik buak mbak Ami dan kedua puterinya.

    nama kamu bukannya huruf Z'? Kok A'? bingung

    BalasHapus
  2. Saya juga turut mendoakan, semoga Mbak Ami bisa melewati cobaan ini dengan sabar.

    BalasHapus
  3. @ajeng...jangan bingung2 sob...zan insurgent nama saya di dunia maya..saya sendiri sudah kadung make nama itu lagian juga ga berniat mau ganti nama asli saya...

    tinggal d tambahin huruf A di depan Zan maka jadilah awal nama saya yg kayak gerbong kereta api (^_^")

    BalasHapus
  4. wah keterlaluan juga kalo anak tak boleh tahu siapa ortu biologisnya, apapun itu alasannya...

    BalasHapus
  5. mungkin pengalaman tsb menjadikan pelajaran bahwa cobaan apapun pasti ada hikmahnya...

    BalasHapus
  6. Wah terharu banget, udah dua blogger nulis nama saya di judulnya. Pertama Ata, terus Zan.

    Gini lho Zan, kata temen saya, saya itu mudah percaya sama orang. Jalan sama cowok gak sekali dua kali. Cuman saya kebentur ingin tahu rahasia dunia, ambisius banget kan...

    Nah gak ada yang bisa jawab pertanyaanku. Muncul seorang hero jadi-jadian. Dia indigo, nyebut dirinya google manusia.

    Awalnya baik, belakangan ketauan dimanfaatin gaib jahat. Trus aku sakit, balik ke Jogja. Abangnya dateng dari Australia, ngamuk2, emang preman. Cerein istri elo, bawa keponakan ke sini. Diturutin. Abis abangnya balik ke Australian minta rujuk, aku gak mau.

    Biar cerita itu jadi perjuanganku, aku ikhlas, lagian aku lupa rasanya gak sakit. Aku juga sempet hura2 lupa sama anakku, sekarang diperbaiki semuanya...

    BalasHapus
  7. jadi inget bunda di rumah deh... pagi tadi nelepon (dan selalu), nanyain kabar saya gimana.

    emang, anak itu nggak bisa dipisahkan sama ibunya.. makanya sedih juga kalo denger ada anak yang "dipaksa" pisah sama ibunya.. kayak mbak Ami sama safira safitri.. besok mereka ultah padahal

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum sob...

    iya,, aku juga sedih atas apa yg sis ami sering ceritakan di blognya... hmmm.. tapi yakinlah sob, sis ami orangnya tegar,, dan aku yakin Allah akan selalu bersamanya... Semangat ya sis ami...!!! :)

    BalasHapus
  9. waaah semangat pokoknya buat mba ami ;D hehehe namamu bagus kalo ternyata azan. bener ga? ;p

    BalasHapus
  10. @☺☺☺...jadi malu nih (^_^") ...iya nama saya awalnya adalah Azan soalnya kata ibu saya lahir pas azan subuh,makanya Bapak saya ngasih awal nama saya Azan

    BalasHapus
  11. Akan lebih terasa lagi jika Kang Zan sudah memiliki anak. Pakies yang sudah diberi amanah 3 menganggap ketiganya adalah harta yag tak ternilai.
    Apalagi Ning Ami yang mengalami hal seperti itu.

    BalasHapus
  12. salam sobat
    postingan yang bagus
    semangat terus ya

    BalasHapus
  13. @ajeng : tul...bisa di cek di kelurahan setempat ^_^

    bukannya mau sombong tp emang nama pemberian ortu saya rasanya paling unik sejagat...tapi saya ga mau make di dunia maya takut di bilang rekayasa,makanya tak rekayasa sekalian ha3...

    BalasHapus

Mengkritik tidak berarti menentang,setuju belum tentu mendukung,menegur tidak bermakna membenci,berbeda pendapat adalah kawan berpikir yang baik